"(Al Qur'an) ini adalah penerangan bagi seluruh manusia, dan petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa." (Q.S. Al-Imran 3 : 138)

2010/07/23

SIAPA YANG MENGAMBIL ROH SAAT KEMATIAN?

Pertanyaan:

Siapa yang mengambil ruh saat kematian?
Ada pandangan yang bertentangan mengenai siapakah yang mengambil ruh saat kematian: Malaikat Maut,

"Katakanlah: "Malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa)mu akan mematikanmu, kemudian hanya kepada Tuhanmulah kamu akan dikembalikan." (Q.S. As-Sajdah 32:11),

Para Malaikat,

"Bagaimanakah (keadaan mereka) apabila malaikat mencabut nyawa mereka seraya memukul-mukul muka mereka dan punggung mereka?" (Q.S. Muhammad 47:27),

atau Allah?

"Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; maka Dia tahanlah jiwa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditetapkan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir?" (Q.S. Az-Zumar 39:42).

Jawab:

Ayat-ayat diatas berbicara tentang satu malaikat maut yang ditugasi Allah untuk mencabut nyawa manusia (yang dimaksud dengan kata 'maut' adalah 'pencabut nyawa', bukan nama malaikan tersebut).

Tidak ada komentar: